Kebebasan dalam keluarga ku




ASSALAMUALAIKUM WR. WB

Keluarga adalah tempat pertama dimana saya dapat merasakan kebebasan. Bila tidak mendapatkan kebebasan, kita pasti berusaaha keras untuk mendapatkannya, meskipun terkadang saya tidak menyadarinya.cotohnya saya tidak diperbolehkan untuk pergi bersama teman-teman, tapi saya tetap pergi bersama teman-temannya. Dari contoh tersebut, dengan melanggar aturan yang diberikan oleh keluarganya, berarti saya telah mencari kebebasan untuk dirinya sendiri, meskipun melanggar peraturan. Kadang kala, kita pun sering lupa, bahwa kebebasan dibatasi oleh aturan. Bila kebebasan tidak dibatasi oleh aturan-aturan, kebebasan kita pun akan bersiggungan dengan kebebasan orang lain. 
Saya pun terkadang tidak mempergunakan kebebasan saya di dalam keluarga dengan baik. Karena diberi kebebasan yang lebih, saya menjadi lupa diri, tidak ingat bahwa kebebasan masih dibatasi oleh aturan. Suka melawan orang tua, masa bodo dengan nasehatnya, dan lain-lain, adalah contoh bagaimana saya menggunakan kebebasan saya dengan cara yang tidak baik. Karena diberi kebebasan berpendapat oleh orang tua, kita merasa belum cukup, hingga suka melawan, karena masih mencari kebebasan bagi diri sendiri.
Apakah kebebasan yang diberikan keluarga belum cukup? Sehingga saya masih mencari kebebasan untuk diri sendiri. Semakin sering kita menyalahgunakan kebebasan kita, kita akan mempunyai anggapan bahwa hal tersebut adalah hal yang biasa saja. Dan lama-kelamaan kita melakukan suatu pelanggaran yang besar pun, kita masih dapat beranggapan bahwa hal tersebut adalah hal yang biasa, sehingga pelanggaran yang kita buat menjadi kebiasaan dan lama-kelamaan akan terbentuk menjadi karakter saya, misalnya sering melawan orang tua, lama-kelamaan orang memandangnya sebagai seorang pembangkang yang egois, dan mau menang sendiri.
Saya lebih memilih untuk menggunakan kebebasan yang diberikan oleh keluiarga sebaik-baiknya, sebelum orang memandang saya sebagai pembangkang yang egois, dan tidak pernah mau menuruti kata-kata orangtua, sehingga saya pun dapat merasa nyaman tinggal dan mempergunakan kebebasan saya di lingkungan keluarga saya sendiri.

WA'ALAIKUMSALAM WR. WB

Nama:M. Alfian A A
No A:20
Kelas:XI IPS 5

Komentar

  1. Sebaiknya nasehatnya orang tua di pertimbangkan dahulu
    By:lana

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku, masa mudaku dan diriku 10 tahun yang akan datang

Pengalaman bermain futsal sama teman smp

seoul of perfoming art high school (SOPA)