Ayahku pahlawan bagi keluargaku



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

  Ini lah ayah aku yang selalu berjuang demi keluarga dan gak pernah menyerah dalam menghadapi segala sesuatu. Ayah merupakan orang yang amat penting dalam keluarga.Sosoknya sebagai pemimpin keluarga dikenal dengan ketegasannya. Seakan tak ada kompromi apabila kita melakukan kesalahan. Bahkan ketika kita salah tentunya akan dimarahi olehnya. Namun disamping kemarahannya, tersimpan sikap yang amat mendalam. Kasih sayang dari seorang ayah memang jarang sekali nampak, atau memang ayah tak mau memperlihatkan itu kepada kita.
 Sebenarnya seorang ayah, amatlah mengasihi kita. Disamping amarahnya, tersimpan nilai cinta dan kasih yang mendalam. Dalam amarah sang ayah, bukan tanpa alasan yang membabi buta. Namun ia ingin anak-anaknya tumbuh dalam ketegaran dalam menghadapi hidup.
 Karena  seorang ayah tahu bahwa hidup itu keras untuk dijalani. Banyak masalah dan silih berganti dalam kehidupan. Dan ayah telah merasakan pahit manis kehidupan. Dalam membangun keluarga banyak sekali seorang ayah membangun dari ketiadaan, atau dari nol.
 Namun karena kegigihannya, ia sanggup melampaui keras, dan getir kehidupan. Apabila dari kita dimarahi oleh ayah, janganlah  mengumpat, atau mengatakan bahwa ayah itu tak penyayang. Dari amarahnya, ayah ingin menunjukkan ketegasan. Dan ayah ingin suatu kedisplinan tertanam dari diri kita. Kasih sayang seorang ayah tak sama dengan ibu.
 Sosok ibu memang lebih dikenal dengan lemah lembut. Namun sang ayah lebih dikenal dengan ketegasan. Ibu mungkin bisa jauh lebih nyata lembut dalam membesarkan kita. Namun ayah menunjukkan kasih sayang dengan cara yang berbeda.
 Ketika masa kecil, saat kita belajar bersepeda roda dua, tentunya kita sering terjatuh. Reaksi seorang ibu biasanya, akan menyuruh kita untuk berhenti dan tak melanjutkan bersepeda lagi. Memang bila kita melihat ini bisa dibilang ibu sosok yang penuh perhatian.
Namun beda dengan sikap ayah. Ketika ia tahu bahwa anaknya jatuh, ia akan segera menghampiri, dan coba membangunkan kita. Lalu kemudian ia meyakinkan anaknya, “tak ada terluka kan?, bangunlah, kita ulangi lagi latihan bersepedanya”. Dari sini bisa kita melihat bahwa ayah adalah sosok yang penuh perhatian. Ayah tahu apabila anaknya sedang sakit karena terjatuh dari sepeda. Namun ia tetap berusaha meyakinkan pada anaknya bahwa kita bisa. Ayah memberimu semangat dan ia mempercayaimu bahwa kamu bisa mengatasi masalah.
 Ketika dalam bersedih, ayah takkan terlihat menangis. Semua disembunyikan oleh ayah, karena ia tak mau memperlihatkan pada kita. Bahkan kita semua pasti setuju, apabila seorang ayah tak pernah memperlihatkan tangisannya pada kita. Ketika ibu kita sedang mengomel, dan cerewet atau memarahi kita karena melakukan kesalahan, ayah justru malah diam. Karena ayah tahu bahwa kita sudah besar, tak perlu banyak dimarahi.
 Sayangi ayah kita selagi kita mampu melakukannya. Karena ayah adalah sosok pahlawan nyata dalam hidup. Mulai saat ini jika sedang berdoa, doakan kedua orang tuamu, jangan hanya ibumu yang kau sebut dalam doa. Namun ayahmu juga kau doakan. Karena sosoknya amatlah luar biasa dalam keluarga.

Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.


Nama:m. Alfian A. A
NO ABSEN :20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku, masa mudaku dan diriku 10 tahun yang akan datang

Pengalaman bermain futsal sama teman smp

seoul of perfoming art high school (SOPA)